Linear Static Analysis with SACS 5.0

SACS yang merupakan software buatan Enginering Dynamics, Inc. adalah software engineering yang sangat tepat digunakan dalam analisa suatu offshore structure tipe fixed structure, mulai dari static analysis, dynamics analysis, launching hingga floatation and upending. Keunggulan lain dari SACS yang menarik bagi saya adalah kemampuannya untuk mengestimasi biaya seluruh material pembentuk struktur, tidak termasuk material yang terbuang karena tidak terpakai tentunya. Software SACS ini termasuk software yang “user friendly” karena pemodelan struktur yang cukup mudah dan tidak perlu memakai command tertulis seperti software-software under-DOS  pada umumnya.

Before we starting to analyze, tentunya harus ada struktur yang dianalisa terlebih dahulu. Struktur ini kita modelkan di PRECEDE, yaitu salah satu bagian SACS untuk modeling struktur termasuk men-define dimensi, properties serta pembebanan-pembebanan. Tahap modeling ini sangat vital sehingga usahakan untuk anda lebih teliti dalam prosesnya.

Setelah proses pemodelan selesai, selanjutnya kita masuk ke tahap analisa statis. Bagian analisa statis yang disediakan SACS antara lain :

  • Linear Static Analysis
  • Gap Element
  • Large Deflection
  • Static w/ Pile Soil Interaction
  • Full Plastic Collapse
  • Plastic Collapse Restart
  • Gap Element Restart

Yang akan kita bahas selanjutnya adalah point 1 (linear static analysis). Untuk analisa statis yang lain mudah-mudahan dapat kita bahas bersama di lain kesempatan.

Linear Static Analysis.

Tujuan dari linear static analysis diantaranya : memperoleh nilai joint deflection & rotation, joint/member reaction force & moments, unity check reports, etc. Report hasil analisa tersebut dapat mengindikasikan struktur tersebut kuat atau tidak kuat dalam menerima beban yang diberikan, dan apakah sudah memenuhi standard codes yang kita gunakan sebagai reference.

Urutan linear static analysis pada SACS adalah :

  • Buka SACS Executive, kemudian pilih toolbar Static – pilih menu Linear Static Analysis.

SACS Executive

  • Klik Select Files untuk memasukkan SACS input file yang akan dianalisa. Setelah anda memasukkan input file, akan muncul Analysis Option windows. Pada windows ini anda dapat menentukan output yang akan dikeluarkan setelah analisa dilakukan. Toolbar Joint Can pada analysis option ini dapat digunakan untuk analisa punching shear pada tubular joint (diperlukan file joint can input). Klik OK untuk lanjut ke tahap berikut.

sacs2

sacs3

  • Selanjutnya window SACS Executive akan memunculkan toolbox baru yaitu Run dan Save seperti gambar berikut. Klik Run untuk menjalankan proses analisis.

sacs4

  • Setelah proses “run” telah selesai, report hasil analisa dapat kita lihat di Ouput Files – SACS Output Listing File – saclst.

sacs5

Ok…selamat mencoba, semoga cukup memberikan gambaran tentang proses linear static analysis dengan menggunakan SACS 5.0 Eng.. See you next time in other topics.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s